Sabtu, 07 April 2012

Akuntansi Internasional (2)

Materi Bab 4: Akuntansi Komparatif 2
1.             Apakah perkembangan akuntansi mendahului atau mengikuti pembangunan ekonomi suatu negara?
Ya, karena penentuan perkembangan akuntansi cenderung mengikuti pembangunan ekonomi sebuah negara. Contohnya pada perekonomian Republik Ceko dan Cina. Perekonomian mereka mengalami perubahan dari perekonomian terencana secara terpusat menjadi perekonomian yang lebih berorientasi terhadap pasar. Namun, Republik Ceko sedang bergerak maju menuju ekonomi pasar secara utuh sedangkan Cina sedang mengambil jalan tengah yaitu ekonomi pasar sosialis yaitu perekonomian terpusat dengan adaptasi pasar.

Materi Bab 5: Pelaporan dan Pengungkapan
1.             Mengapa perusahaan multinasional terlihat semakin bertanggung jawab kepada konstituennya, dan bukannya kelompok investor tradisionalnya?
Karena perusahaan multinasional biasanya pengungkapan akuntansinya didorong oleh perbedaan dalam tata kelola perusahaan dan keuangan. Sebagai contoh yaitu di Amerika Serikat, Inggris dan negara bagian Amerika lainnya, pasar ekuitas telah menyediakan kebanyakan pembiayaan yang dibutuhkan oleh perusahaan sehingga perusahaan tersebut sangat maju. Di pasar-pasar tersebut, kepemilikan saham cenderung tersebar luas diantaranya banyak pemegang saham dan perlindungan terhadap investor sangat ditekankan. Sedangkan pada negara-negara lain, kepemilikan saham masih tetap sangat terkonsentrasi dan bank secara tradisional menjadi sumber utama pembayaran perusahaan.
2.             Apakah dua tujuan besar untuk pasar berorientasi investor? Manakah dari tujuan ini yang menurut anda paling penting? Berikan alasan untuk jawaban Anda!
Dua tujuan besar dalam pasar berorientasi investor adalah investor dapat menerima informasi yang bersifat material tepat waktu dan dapat dilindungi dengan pengawasan dan penegakan aturan yang efektif. Menurut saya, salah satu tujuan yang paling penting adalah perlindungan investor melalui pengawasan dan penegakan aturan yang efektif, karena dalam hal ini dengan adanya pengawasan dan penegakan aturan dapat mencegah terjadinya tindakan kriminal dalam hal pengungkapan informasi yang ditujukan kepada investor, hal ini bertujuan untuk menambah keyakinan investor dalam meningkatkan likuiditas, dan mengurangi biaya transaksi, serta meningkatkan kualitas pasar secara menyeluruh.

Materi Bab 6: Translasi Uang Asing
1.             Sebutkan dan jelaskan perbedaan antara translasi dan konversi? Berikan contohnya!
Translasi yaitu proses pernyataan kembali informasi laporan keuangan dari satu mata uang ke mata uang asing lain. Sedangkan konversi terjadi karena pertukaran fisik antar mata uang. Translasi hanya perubahan satuan unit moneter dan tidak ada pertukaran fisik yang terjadi.
2.             Apakah menggunakan lebih dari satu metode translasi diperbolehkan? Jika iya, metode mana yang dapat digunakan? dan beri alasannya!
Ya, karena jelas bahwa satu metode translasi saja tidak dapat memenuhi dengan sama translasi yang dilakukan berdasarkan kondisi yang berbeda dan untuk tujuan berbeda maka diperlukannya lebih dari satu metode translasi. Terdapat pendekatan translasi yang berbeda yang dapat diterima yaitu metode historis, metode kini, dan tidak dilakukan translasi sama sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar